Indosat Bangun MSC di Jambi 29 M

Posting Oleh : admin [December 5, 2007 - 5:24 pm]

PT Indosat Tbk. membangun Mobile Switching Center (MSC) di propinsi Jambi, dengan dana Rp 29 miliar. MSC Jambi menambah jumlah MSC Indosat di Sumatera, yang saat ini berjumlah enam unit.

Selama ini, sarana MSC di Sumatera berjumlah 6, menyebar di kota Medan, Pekanbaru, Palembang, Bandar Lampung, Padang dan Batam.

Dalam keterangan tertulisnya, Indosat menjelaskan, investasi pembangunan MSC Jambi sebesar Rp 29 miliar, dengan rincian pengadaan tanah dan pembangunan gedung Rp 12 Miliar, dan pembelian perangkat MSC dan instalasinya sebesar Rp 17 Miliar, yang semuanya berasal dari dana intern Indosat.

MSC merupakan salah satu elemen jaringan utama telepon selular. Perangkat ini berfungsi menyalurkan trafik, sekaligus berhubungan dengan perangkat lainnya. Oleh karena itu kehadiran sarana ini akan memperpendek alur informasi atau trafik antar perangkat.

Sebelumnya trafik pelanggan dari daerah Jambi disalurkan melalui sarana transmisi radio microwave ke MSC Palembang. Namun setelah beroperasinya MSC Jambi, seluruh trafik pelanggan langsung disalurkan ke MSC pelanggan yang dituju.

Untuk menyelenggarakan komunikasi bergerak, dioperasikan berbagai perangkat yang membentuk jaringan utama termasuk MSC. Tanpa dukungan perangkat lain yang merupakan satu rangkaian, tidak mungkin terjadi komunikasi.

Oleh sebab itu, Senior Vice President Marketing Indosat Guntur S. Siboro mengatakan, pembangunan elemen jaringan lainnya seperti Base Stasion Controller (BSC) dan Base Transceiver Station (BTS) terus dilakukan.

Per 31 Desember 2005, total pelanggan Indosat di Sumatera berjumlah 1.750.000 pelanggan

Sumber : Detik