Patung Akar Bambu Tetap Jadi Primadona

Posting Oleh : Administrator [March 28, 2009 - 7:48 am]

Ditengah kelesuan pariwisata di bulan April ini, patung akar bambu ternyata menjadi primadona, terbukti puluhan ribu kerajinan tangan dari akar bambu terekspor ke luar negeri.

Kerajinan tangan patung yang terbuat dari akar bambu atau kerap dipanggil bamboo root handycraft ini, tetap menjadi primadona bagi wisatawan asing, terbukti dalam setiap bulannya puluhan ribu hasil kerajinan tangan ini di ekspor ke luar negeri, bahkan saking membludaknya pesanan, para perajin ini kalang kabut memenuhi pasar.

Seperti misal yang disampaikan oleh Desak Putu Ekawati, salah satu pemilik art shop patung akar bambu di bilangan jalan raya Andong, Peliatan, Ubud. “Kami kekurangan stok sekarang ini, akibat membludaknya pesanan,“ jelasnya.

Lebih jauh, sambung Ekawati pada umumnya wisatawan membeli patung ini berjumlah ribuan, sehingga dalam sebulan puluhan ribu patung terbuat dari akar bambu terekspor.

Rata-rata patung yang laku terjual itu seperti crocodile, bebek, ayam, burung, celeng. Dan biasanya, wisatawan yang doyan dengan patung ini adalah Canada, Australia, Jepang dan Amerika.

“Kami jual rata-rata dengan harta Rp 30.000 sampai Rp 200.000,“ ungkapnya.

Sementara itu, khusus bicara bahan baku, pihaknya mengambil dari Klaten, Yogyakarta, Banyuwangi. Akibat bahannya didapatkan dari luar Bali maka masalah pengiriman menjadi kendala utama dalam menekuni dunia kerajinan ini.

Jika musim hujan tiba, biasanya pengiriman terlambat hingga ekspor-pun terlambat, akibatnya wisatawan menjadi komplain.

“Seringkali hal ini terjadi dimusim hujan,“ tuturnya.